Mekaniasme Registrasi Dan Pelayanan Obat Rujuk Balik
Ad Placement
Bpjs-Kesehatan.Net - Bagaimana Menakisme, Prosedur Pendaftaran Dan Pelayanan Obat Rujuk Balik Peserta Bpjs Kesehatan - Pada halaman sebelumnya telah kami jelaskan perihal apa itu kegiatan rujuk balik sekaligus jenis obat dan penyakit yang termasuk progaram Rujuk Balik, nah pada halaman ini kita menginjak cara registrasi dan sistem pelayanan obat untuk pasien rujuk balik. Apa saja yang harus anda siapkan untuk sanggup mendaftar kegiatan rujuk balik ini? baca selengkapnya di bawah ini..

Mekanisme Pendaftaran Peserta Program Rujuk Balik (PRB)   

1. Peserta mendaftarkan diri pada petugas Pojok Program Rujuk Balik (PRB) dengan menerangkan :
  • a. Kartu Identitas akseptor BPJS Kesehatan 
  • b. Surat Rujuk Balik (SRB) dari dokter spesialis 
  • c. Surat Elijibilitas Peserta (SEP) dari BPJS Kesehatan 
  • d. Lembar resep obat/salinan resep 
2. Peserta mengisi formulir registrasi akseptor PRB
3. Peserta mendapatkan buku kontrol Peserta PRB

Mekanisme Pelayanan Obat Program Rujuk Balik (PRB)

1. Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
  • a. Peserta melaksanakan kontrol ke Faskes Tingkat Pertama (tempatnya terdaftar) dengan memperlihatkan identitas akseptor BPJS, SRB dan buku kontrol akseptor PRB. 
  • b. Dokter Faskes Tingkat Pertama melaksanakan investigasi dan menuliskan resep obat rujuk balik yang tercantum pada buku kontrol akseptor PRB.
2. Pelayanan pada Apotek/depo Farmasi yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan untuk pelayanan obat PRB
  • a. Peserta menyerahkan resep dari Dokter Faskes Tingkat Pertama 
  • b. Peserta memperlihatkan SRB dan Buku Kontrol Peserta 
3. Pelayanan obat rujuk balik dilakukan 3 kali berturut-turut selama 3 bulan di Faskes Tingkat Pertama.

4. Setelah 3 (tiga) bulan akseptor sanggup dirujuk kembali oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan untuk dilakukan penilaian oleh dokter spesialis/sub-spesialis.

5. Pada ketika kondisi akseptor tidak stabil, akseptor sanggup dirujuk kembali ke dokter Spesialis/Sub Spesialis sebelum 3 bulan dan menyertakan keterangan medis dan/atau hasil investigasi klinis dari dokter Faskes Tingkat Pertama yang menyatakan kondisi pasien tidak stabil atau mengalami gejala/tanda-tanda yang mengindikasikan perburukan dan perlu penatalaksanaan oleh Dokter Spesialis/Sub Spesialis.

6. Apabila hasil penilaian kondisi akseptor dinyatakan masih terkontrol/stabil oleh dokter spesialis/sub-spesialis, maka pelayanan kegiatan rujuk balik sanggup dilanjutkan kembali dengan memperlihatkan SRB gres kepada peserta.

Baca Juga: Jenis Obat Dan Penyakit Yang Termasuk Program Rujuk Balik
Demikianlah Mekanisme, mekanisme registrasi dan pelayanan obat untuk Program Rujuk Balik untuk pasien akseptor Bpjs Kesehatan yang harus anda ketahui, pada alaman selanjutnya akan kami jelaskan ketentuan pelayanan obat yang diberikan untuk kebutuhan maksimal 30 (tiga puluh) hari setiap kali peresepan dan harus sesuai dengan Daftar Obat Formularium Nasional untuk Obat Program Rujuk Balik serta ketentuan lain yang berlaku.

Ad Placement

Ad Placement

Comments

Ad Placement

Subscribe Our Newsletter